Dukung Ketahanan Pangan, Babinsa Koramil 0821/19 Sumbersuko Dampingi Pembuatan Saluran Irigasi


Lumajang, Kabarlensa.com – Sebagai upaya mendukung peningkatan ketahanan pangan di wilayah desa binaan, Babinsa Petahunan Koramil 0821/19 Sumbersuko Sertu Iswan Dewi Samsukdin melaksanakan pendampingan pengerjaan saluran irigasi tersier sepanjang 140 meter guna menunjang pengairan lahan persawahan kelompok tani “Harapan Baru” di Desa Petahunan Kecamatan Sumbersuko Kabupaten Lumajang Jawa Timur, Selasa (6/4/2021). 


Dalam kesempatan tersebut, Babinsa Petahunan Sertu Iswan Dewi Samsukdin, mengatakan bahwa pembuatan saluran irigasi ini untuk mengoptimalkan dalam mengairi areal persawahan secara merata serta melindungi kondisi tanah dan mencegah timbulnya longsor akibat struktur tanah yang lembek.


“Untuk memperlancar pasokan air di persawahan, perlu peningkatan sarana irigasi sebagai sarana pengairan dan pendukung dalam meningkatkan mutu dan jumlah hasil panen,” kata dia.


Iswan juga menyampaikan, bahwa sudah menjadi tanggung jawab sebagai Babinsa yang berdinas diwilayah untuk membantu dan mendampingi pemerintah dan petani dalam upaya meningkatkan hasil pertanian guna mensukseskan tujuan swasembada pangan nasional.


Selain itu, Ia juga menjelaskan, pembuatan saluran irigasi ini tentunya tidak terlepas dari bantuan Dinas Pertanian kepada masyarakat sehingga kebutuhan sumber air dapat terpenuhi karena begitu penting dalam menunjang keberhasilan dan peningkatan produksi hasil pertanian khususnya di Desa Petahunan.


“Kita bersama masyarakat sesuai kemampuan berupaya terus pengerjaannya hingga selesai dan siap digunakan petani, apalagi menyongsong musim tanam,” ujarnya.


Sementara itu, Camat Sumbersuko Misjoko, SH. MM., mengatakan pembangunan jaringan irigasi ini bertujuan untuk memperlancar aliran air pada periode tanam yang akan datang sehingga petani tidak mengalami kendala dalam mengairi lahan pertanian.


Menurutnya, dengan dibangunnya saluran irigasi tersier ini akan membantu petani dalam mengatasi permasalahan kebutuhan air yang sering dialami petani dalam rangka mendukung suksesnya program swasembada pangan nasional.


“Kami berharap dengan adanya saluran irigasi dapat menjadi penunjang produksi dan kualitas pertanian sehingga dapat menaikkan perekonomian masyarakat di masa pandemi Covid-19 saat ini,” pungkasnya. (Pendim 0821/By)

KABAR LENSA GRUP

Baca Juga

Terima kasih anda sudah membaca artikel Dukung Ketahanan Pangan, Babinsa Koramil 0821/19 Sumbersuko Dampingi Pembuatan Saluran Irigasi

Posting Komentar

0 Komentar